Klub Papan Atas Brasil, Bersedia Meminjamkan Pemainnya Untuk Chapecoense

Direktur dari klub Brasil Coritiba, Corinthians, Santos, Porteuguesa, Sao Paolo, dan juara Serie A Brasil Palmeiras, telah sepakat untuk membantu Chapecoense dengan meminjamkan para pemain mereka secara gratis, dan mengajukan petisi ke Asosiasi Sepakbola Brasil (CBF) untuk membebaskan Chapecoense dari degradasI agar tim tersebut mendapat kesempatan untuk membangun kembali timnya

Chapecoense baru saja kehilangan banyak pemain dan ofisialnya setelah mengalami kecelakaan pesawat, Senin (27/11) malam, dalam perjalanannya ke Kolombia untuk menghadapi Atletico Nacional di leg pertama final Copa Sudamericana.

Pihak pemerintah Brasil menyatakan kecelakaan tersebut telah mengakibatkan 71 orang meninggal dunia, yang terdiri dari pemain, jurnalis, dan ofisial tim. Sementara enam penumpang selamat dari pesawat yang jatuh di wilayah bukit Cerro Gordo, Kolombia.

Klub-klub papan atas Brasil tersebut kemudian mempublikasikan pernyataan untuk membantu Chapecoense, berikut isi pernyataan yang diumumkan pada Selasa (29/11), seperti dikutip dari Goal Internasional:

“Dengan ini klub mengumumkan langkah-langkah solidaritas kepada Chapecoense, antara lain:

“(I) Meminjamkan pemain secara gratis untuk musim 2017;”

“(II) Meminta secara resmi kepada asosiasi sepakbola Brasil agar Chapecoense terbebas dari degradasi ke Serie B Brasil untuk tiga musim ke depan. Jika Chapecoense finis di empat terbawah, tim di peringkat 16 yang akan terdegradasi.”

“Ini adalah bentuk minimal dari solidaritas yang bisa kami sampaikan saat ini, tapi itu berdasarkan pada tujuan yang tulus untuk membangun kembali klub sepakbola Brasil yang sedang mengalami kehilangan.”

Hingga artikel ini ditulis pihak CBF belum memberikan respon atas permohonan tersebut. Final ajang Copa Sudamericana yang seharusnya Chapecoense lakoni Rabu (30/11) dibatalkan. Selain itu dalam beberapa pekan ke depan laga-laga di kompetisi sepakbola Brasil akan ditunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *